You've Got a Friend

by - December 23, 2020

Udah lama nggak nulis blog, sekali nulis pengen banget cerita banyak hal yang pernah aku alami. Jadi inget kata-kata Uber Morlock dalam film The Time Machine (2002), "Bukankah kita memang punya mesin waktu? Yang membawa kita ke masa lalu adalah memori, sedangkan yang membawa kita ke masa depan adalah mimpi." Walau kalimat itu terkesan menyindir, namun ada hal yang bisa aku ambil bahwa melihat kembali ke belakang membuat aku makin bersyukur. Entah masa lalu aku baik atau buruk, manis atau pahit, semua itu adalah pembelajaran yang membentuk aku sampe di titik ini.

Ok, flashback dulu ke belakang.

Kebanyakan orang bilang masa SMA adalah masa paling indah. Aku setuju banget. Masa dimana  kita merasa nggak ada beban hidup. Drama kita hanya sebatas perseteruan sepele antar teman, drama naksir-naksiran kakak kelas, berantem-berantem labil cinta monyet. Tiap pergi ke sekolah niatnya nggak belajar, tapi ketemu orang-orangnya, rebutan kursi belakang. It was the best time of my life.

Di SMA aku nemuin beberapa orang terbaik yang pernah aku temuin yang sampe sekarang jadi temen terdeketku. If I heard the word "best friend", I'll definitely think of them. Dulu mungkin aku merasa pertemananku dengan orang-orang ini biasa aja layaknya pertemanan kebanyakan orang dengan teman baiknya. Setelah jauh dari mereka aku sadar kalo pertemanan dengan mereka adalah sesuatu yang patut aku apresiasi setiap detik. Pernah nggak sih kalian berada di situasi dimana kalian tuh ngerasa nyaman banget. Nggak terpikir di benak kalian buat ngerubah diri kalian, milah-milih kata kalian, dan menutupi keburukan kalian, karena kalian tau mereka nggak akan mengeluh tentang sifat kalian, tentang ucapan kalian, tentang diri kalian. That's how I feel whenever I'm around them. As simple as that.

Kenalin nih, ini temen-temenku yang punya agenda kumpul wajib tiap beberapa bulan sekali karena jarak. Hehe. Aku kenal mereka sejak kelas 10 SMA, ada juga yang dari SMP sih. Gatau gimana ceritanya kita bisa deket, tapi yang aku inget awalnya kita ikut Seminar Kebangsaan di Semarang tanggal 15 Desember 2018. Kemudian pas malam tahun baru 2019, kelas kita ngadain acara bakar-bakar, eh taunya yang ikut yaa itu-itu aja, walau ada yang nambah dan kurang. Sayangnya, H-1 aku mutusin buat nggak ikut karena suatu hal. Tapi, aku juga mutusin buat nggak left grup WhatsApp karena aku pikir bakal ada agenda lain yang pasti lebih seru. Oh ya, temen-temenku namanya Erlinda (unyil), Rafie (jenggot), Mita, Anang, Tata (tajo), Nanta (sahlo), Shofi (sopik), Brian (pakwo), Sherina, Irfan (ipon), Raskia, Ekak, dan Rafli (raplek).

Kocak, yang bener aja kita sering kumpul bareng sampe sekarang karena grup itu.

keluarga combrot, tapi suka ganti nama yang lucu gitu.
                                       
                 momen seminar kebangsaan

Sepanjang tahun 2019 kita sering banget kumpul karena masih satu sekolah. Belajar sampe malem di kontrakan menjelang ujian, nyosis di Kaliwungu, makan di mbak dah, nginep di kosan temen, UTBK sampe ke Jogja, dugderan di Kaliwungu, dan masih banyak lagi hal-hal seru yang nggak bisa aku sebutin satu-satu.
warung mbak dah, murmer, legendaris
18 April 2019.
Kebanyakan belajar nyiapin ujian sampe lupa buat liburan. Yup! Hari itu mendadak banget Ipon ngajakin camping, walau sebenarnya udah ada rencana yang lumayan lama, tapi kalo nggak mendadak tuh rasanya aneh bagi kita. Karena mendadak bin banget, yang ikut cuma 4 orang (aku, Ipon, Mita, dan Ekak). Kita mutusin buat camping di Sidringo karena lokasi yang nggak terlalu jauh dan Ekak pernah kesitu. Ekak satu-satunya orang sebagai penunjuk jalan, tapi dia agak lupa apalagi kita berangkatnya menjelang sore. Aku takut karena udah gelap banget tapi kita belum nyampe juga, pikiran anehku muncul dan perasaan takutku 80% waktu itu. Tapi Alhamdulillah kita denger suara orang camping juga dan kita ngikutin suara itu sampe akhirnya kita sampe di lokasi dengan selamat. Kita bangun tenda, nyalain api unggun, kenalan sama 2 orang baik dan warga lokal sana, bercerita dibawah terangnya bulan,  dan tidur diselimuti dinginnya malam. Esok paginya, kita jalan-jalan ke telaga sampai lupa waktu karena ternyata udah siang. Sampe di tenda, 2 orang baik yang aku ceritain tadi udah balik duluan dan orang-orang di tenda sebelah juga mau balik. Nggak disangka, ternyata mereka temen SMPku dan Ekak. Hahah. Abis itu kita makan dan siap-siap buat pulang. Alhamdulillah kita sampe rumah masing-masing dengan selamat. Sebenarnya pengen banget bisa camping bareng temen-temen yang lain, ayo lah woyy kapan-kapan camping!


2 orang baik :)









30 April 2019.
Lulus? Aku harus seneng apa sedih ya?

Dibalik rasa seneng, tawa, dan ria. Aku juga ngerasain yang bener-bener sedih karena nggak bisa kumpul bareng tiap hari, mulai dari ketawa bareng sampe diketawain bareng, dari ngomongin orang sampe di omongin balik, dari ngejailin sampe dijailin, banyak banget kenangan yang nggak bisa aku tulis disini.

Jujur aku belum dewasa nyikapi perpisahan. Walaupun aku udah berkali-kali ngerasain sakitnya pisah, aku tetep salah. Perpisahan tetep aja perpisahan yang pasti menyemburkan perasaan duka. Kalau kalian termasuk orang yang "yaudah yang pergi emang udah waktunya pergi", gimana sih cara kalian yakinin diri kalian baik-baik aja setelah itu? Gimana sih cara kalian ngadepin situasi dan me-maintain hati kalian untuk nggak berlarut-larut dan merasakan kesedihan yang berlebih? Emang semudah itu ya? Atau emang aku yang terlalu drama?



4 Mei 2019.
Well, waktu itu aku UTBK di UGM. Aku sama temen-temenku sengaja ngambil tes di UGM biar sekalian jalan-jalan. Banyak drama yang kita rasain sebelum, selama, dan setelah di Jogja. Kita ambil tiket pagi dari Semarang tanggal 2 Mei 2019, padahal tanggal 1 Mei 2019 kita ada acara perpisahan kelas sampe larut malam. Drama banget kalau nggak bisa bangun pagi dan ketinggalan kereta, walau telat dikit tapi kita nggak ketinggalan kereta ke Solo. Pas di Solo nih yang bikin jantung deg-deg an, kita hampir aja ketinggalan kereta ke Jogja karena nyantai dulu sampe 10 menit keberangkatan. Pas mau scan barcode, ehh taunya nggak bisa karena tiket kita pakai screenshot. Fyi, kalau pake KAI Access harus nunjukkin tiket dari aplikasinya langsung. Jadinya kita ngurus tiket di customer service, abis itu lari kocar kacir 1 menit terakhir keberangkatan kereta. Untungnya semua aman terkendali, selama di kereta ya biasa lah. Pasti cerita-cerita, ngakak-ngakak, saling menyampahkan satu sama lain. Akhirnya tiba juga di Jogja, kita bisa langsung istirahat di salah satu penginapan murah disana. Malamnya kita cuss ke Malioboro dan makan bebek goreng deket penginapan. Malam itu juga aku kedatangan tamu, temen online ku pas SMP yang asli orang Jogja, wkwk. Kalo kamu baca tulisanku, komen yak :)

Okey, besok paginya kita jalan-jalan keliling UGM, makan gudeg Yu Djum, dan keliling beberapa tempat di Jogja. Drama banget nih, Ekak yang pergi ke toilet ditungguin nggak keluar-keluar, ehh taunya udah di penginapan. Kesel banget sih waktu itu karena dia nggak lihat kita yang jelas-jelas nungguin di deket toilet, dan kita juga nggak lihat dia keluar toilet, pas banget hp dia kita yang bawa. Kita juga ada konflik dikit sama "Sh" karena masalah gudeg, jadi ekak mutusin buat balik ke penginapan nyusul "Sh" karena nggak ketemu sama kita dan kita lanjutin keliling UGM tanpa mereka. Keesokan harinya, setelah UTBK kita langsung pulang naik kereta tujuan Semarang.



Ini ada cuplikan perjalanan aku dan temen-temenku di Jogja! Sorry, judulnya heboh biar ngundang penonton aja :v

17 Juni 2019.
Baru sebulan nggak ketemu, kita punya agenda jalan-jalan lagi. Kali ini kita nginep di rumah Nanta dalam rangka sebelum berangkat merantau dan nggak ketemu 1 semester. Seperti biasa nggak bisa full team, tapi tetep seru kok! Tiba di rumah Nanta, kita nglakuin banyak hal mulai dari jalan-jalan ke sawah, nyepeda, makan, nonton film, dan pergi ke laut sore harinya. Pas malem, kita nggak bisa tidur karena pertama kalinya nginep disini. Heheh. Ada acara nonton film horror juga yang bikin suasana jadi cringe.

Besoknya, aku dan temen-temenku jalan-jalan ke Kembang Langit. Di perjalanan asik banget parah, suasana masih sejuk-sejuk dingin gitu, heheh. Waktu itu nggak terlalu rame sih karena abis ujan kalau nggak salah, jadi kita ngasikin aja tuh sampe sore. Pas pulang, kita mampir di rumah Ekak buat makan soto yang super duper enak bikinan emaknya Ekak. Nagih banget serius! Terus kita pulang, nggak tau kelanjutannya gimana, lupa. :( Sebenernya aku bikin video juga, tapi belum sempet ngedit sampe sekarang nggak tau kenapa, maafin ya guys!



Juli-Desember 2019
Kita masih sering contack-an via WhatsApp, video call, dll. Gila rasanya pertama kali jauh bisa ngerasain arti kangen, hahah. Pokoknya di bulan itu kita masih jaga komunikasi, sering curhat sana sini, dan yang pasti pada ngerasain "kapan yakk desember?"

31 Desember 2019.
Aku masih inget banget malem tahun baru kita kumpul lagi di rumah Raskia. Bakar ikan, bakar sosis, jalan-jalan malam nggak jelas dan sempat ngira dikejar polisi, hahah. Oh iyaa, terus kita beli es krim dan balik lagi ke rumah Raskia buat tidur. wkwk. Paginya kita ke KIK Kendal, abis itu ke Kaliwungu beli es ketan durian.

27 Juni 2020.
Aku dan temen-temenku jalan-jalan ke Dieng karena bentar lagi udah mulai college. Berangkat sekitar jam 8 pagi via Bawang, ngopi di atas awan, wisata pada tutup (udah tau sih), makan bakso, terus nginep di rumahku, besoknya ndegan di lapangan Rejosari. Walau nggak full team, tapi aku seneng banget bisa ketemu mereka setelah 6 bulan lebih nggak ketemu. Well, it has been a great month in Dieng. Hope I can see you all very soon.






2 Agustus 2020.
Menjelang Idul Adha nih guys, sate-sate, wkwk. Yaaa, kita ngumpul lagi dalam rangka makan bersama, hahah. Kali ini tuan rumahnya Sherina, hidangannya hmm banyak banget guys sampe perutku berasa hamil (skip). Berangkat sekitar jam 3 sore, pulang sekitar jam 10 malam. Biasa, kita suka ngomongin orang dan cerita banyak hal semasa SMA. Cape? Iya. Seneng? Jelas.


29 Agustus 2020.
Nggak tau kenapa tiba-tiba kita ngumpul di markasnya Nanta. Sore sampe malam, makan rica-rica kelinci, main PS, buka puasa? seinget aku itu. Temen-temen Kendal nyampe rumah dini hari, kayaknya pertama kali buat mereka main sampe larut gitu di Batang. Sempet mikir nggak kalau kita Batang CS pas main ke Kendal sampe udah biasa atau mungkin belum afdal kalau belum pulang jam segitu, hahah, canda kok.

22 Oktober 2020.
Ceritanya kita mau kondangan nih. "Loh, dari kalian ada yang nikah?" Nggak! Kakaknya Raskia guys yang nikah. Ini pertama kalinya aku kondangan bareng temen, wkwk. Seperti biasa, berangkat sore pulang malam. Sambil UTS, aku tetep dengerin mereka cerita-cerita nggak jelas. Abis itu, makan banyak, foto-foto, terus cabut. Aku sempet mikir, kapan ya aku nikah? Hahah, canda lagi.



29 November 2020.
Segabut-gabutnya temenku, kalau laper makannya di luar kota. Jadi ceritanya Ekak sama Nanta tanggal 28 November nginep di rumahku, Nanta doang yang tidur, aku sama Ekak nonton film. Sebelum itu, kita sempet video call sebelum dua orang ini tiba-tiba datang ke rumah. Tengah malam nyari makan, paginya pas tanggal 29 kita laper bangett dan kangen molen pasar Bugangin, jajanan SMA dulu. Akhirnya kita bertiga ke Kendal buat beli molen dan jalan-jalan di Stadion. Oh iyaa, kita ngajak temen-temen yang lain juga, tapi yang dateng cuma dikit. Kita sempet makan bubur ayam, tapi aku nggak abis karena buburnya aneh, hahah. Yaaa seperti biasa, kita cerita-cerita dan nginget masa-masa SMA dulu. Parah, kangen banget woyy!







Kita juga sempet beberapa kali nobar film atau konser via Zoom dan main among us sampe larut malem, hahahah.







Ngomong-ngomong waktu cepet banget ya berjalan? Sekarang udah mau Januari ajaaa loh. Baru kemaren kayaknya aku ulang tahun. Hahah. Malem tahun baru nggak mungkin kita nggak ngumpul, momen ini nggak boleh lewat sih. Walaupun pandemi, kita tetep gas dan mematuhi protokol kesehatan, asekk.

Aku makin bersyukur punya temen seperti kalian, temen yang terus ada walau sering banget bikin kesel, tapi aslinya sayang banget. Sebenarnya masih banyak hal atau momen yang belum aku tulis disini, karena keterbatasan tempat, waktu, dan pikiran.

So, see u guys next year! :)

You May Also Like

11 komentar

  1. Jenengku parapan dewe :( but no problem wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuu, maapin yaa. mending liat postingan terbaruku, hihii

      Delete
  2. Boleh join bareng ga?

    ReplyDelete
  3. too cute and priceless🫶🏻 ayo dong bikin lg recap dari 2021-2023!!!

    ReplyDelete
  4. Kembalikan masa kejayaan combrot 100 orang

    ReplyDelete
  5. omg my precious🥺 plis plis plisss aku sayang kalian banyak2😩

    ReplyDelete
  6. Another happiness🌲

    ReplyDelete