Different Level of Connection

by - July 18, 2023

Have u ever had a friendship that u had to keep? I have. They who i refer to as K.C n i have known each other for 5 years n are good friends. Mungkin kita punya banyak teman, tapi ngga semua orang is as special as the person that comes to mind when u’re reading this.

Hows ur dayy guys? Udah 3 tahun sejak You've Got a Friend rilis, aku ngga pernah nyeritain kalian lagi disini. Dari aku yang saat itu masih maba sekarang lagi struggle lanjutin pendidikan sekaligus nyari kerja, hehe. Banyak banget yang berubah, ya? Termasuk pertemanan kita. Inget ngga terakhir kali kita nobar via zoom, mabar among us, video call sampe dini hari? Sekarang susah ya cari waktunya? Gapapa, emang udah fasenya.

Aku mulai berpikir tentang friendship in general n how much my definition of it has changed. Jelas dalam pertemanan kita harus menormalisasi orang-orang dalam hidup kita come n go – seasonal friends, if u will. Tapi aku selalu bersyukur untuk mereka yang masih bertahan gimanapun kondisinya. Saat ini aku udah masuk usia dua puluhan, i've not only learned a lot, tapi aku terus diingetin bahwa ini adalah usia + tahap kehidupan untuk memupuk persahabatan seumur hidup. Tahap begitu banyak pasang surut, kehilangan, struggle terkait pekerjaan maupun pendidikan, dan lainnya yang berubah.

Shasta Nelson, seorang penulis di San Francisco setuju, “sangat normal bahwa persahabatan mengalami pasang surut sepanjang hidup". It’s impossible to keep up setiap teman yang kita punya, terutama saat kita menambah hubungan baru when ur life circumstances change. These kinds of life experiences change ur friendship networks, as u re-prioritise the people u want to spend ur time with.

Bisa dibilang kita udah masuk ke fase menjadi orang dewasa, kita akan mulai merasakan bahwa pertemanan kita jauh berbeda dengan pertemanan yang kita jalin sebelumnya. Tanpa kita sadari banyak kemungkinan untuk berubah dengan berbagai cara. Hal yang bikin kita merasakan perasaan campur aduk karena waktu yang akan kita habiskan bersama terus berkurang bahkan bisa aja renggang. Tapi ada satu hal yang ngga berubah, pertemanan kita akan tetap menjadi suatu hal yang penting.

I asked a sample dari K.C untuk ngasih pandangan about what friendship means to them at this stage of life.

ONE. / "Persahabatan at this stage of life menurutku soal penerimaan dan pendewasaan. perjalanan kita kurang lebih sudah 5th lamanya dan setiap dari kita pasti mengalami perubahan dalam segala aspek terutama sikap dan pemikiran, kunci awet dari sebuah persahabatan pasti bermula dari penerimaan, menerima segala kotor dan kurangnya sahabat2 kita selayaknya manusia biasa tanpa menuntut mereka harus sesuai sm apa yg kita mau dengan mengubah mindset “ihh kok dia gitu sih? harusnya ga gitu dong” menjadi “yaudah gapapa, at least suatu saat nanti pasti bs berubah jd lebih baik lg” yg buat kita ga gampang ngejudge orang lain. secara ga langsung penerimaan itu membawa kita pd proses pendewasaan jangka panjang di kehidupan selanjutnya, pelan2 jadi refleksi diri kalau semua yg terjadi gabisa kita paksa untuk selalu sesuai dengan apa yg kita mau. prosesnya panjang untuk kedua hal kontras tersebut, makannya harus dijalani dengan penuh cinta dan ikhlas." -sh

TWO. / "Menurutku itu berarti Dia Mendukung Teman satu sama Lain Dan Ada Buat temen yang membutuhkan.. Ga Selalu menyenangkan kadang Menyebalkan Juga.. Tapi ya Namanya Juga Udah tau satu sama Lain gitu.. jadi yaudah terima aja.." -br

They’re pretty amazing, right? No wonder i love them so much HEHEHEHE. Ketika aku memikirkan tentang what i've learned about friendship over the last few years, i wanted to share a few of those things with u guys.

ONE. / MAKE THE TIME.

I’ve learned that a simple phone call or pertemuan dadakan jauh lebih efektif dibanding direncanain dulu. Tapi ada kalanya kita harus ngerencanain sesuatu dengan mateng, misalnya libur akhir tahun. The bottom line – making the effort to connect shows how much u care.

TWO. / DON’T FORCE IT.

Beberapa waktu lalu aku membaca kutipan gini, "I no longer force things. What flows, flows n what crashes, crashes.  I only have the energy for things that we’re meant for me." Aku belajar bahwa kami sangat bertanggung jawab atas pilihan untuk mencurahkan satu sama lain atau ngga dan pada akhirnya kita ngeluangin waktu untuk apa yang ingin kita luangin. Tau kapan harus menarik napas dan melepaskannya. Kualitas ternyata jauh lebih baik ketimbang kuantitas.

THREE. / BE PRESENT FOR THE IN-BETWEEN.

Meskipun ngga bisa selalu keep in touch 24/7 karena sadar dan paham akan kerjaan dan fokus masing-masing, tapi berusaha untuk ada ketika temen-temen butuh. Dari hari-hari yang mengubah hidup hingga momen-momen kecil tanpa nama. That type of connection creates a bond that is not easily broken. 

.

Yaa, rasanya kurang lengkap kalo aku ngga bagiin momen bareng K.C di sepanjang tahun 2021-2023. Yap, ini dia keseruannya!

1 Januari 2021

Hyaaaa, tahun baruan bareng. Bisa cek disini New Year New Us hehe. Kita nginep di ruangan kosong sebelah rumah bapa ibuku. Sorenya ke pantai, malem tahun baru bakar-bakar sambil main kartu, paginya ke curug, sorenya batagoran. Seru, kan?


29 April 2021

Sweettt <33

7 Mei 2021

Long time no see, akhirnya ada agenda bukber kelas. Jujur banyak canggungnya, mana dateng telat lagii. Kebiasaan nanta, udah tau bukber jam 6, berangkat dari Batang ke Kendal jam 5.30 :) Ngobrol sama temen-temen bentar banget, rasanya kurang ada chemistry lagi, hehe. Gimana besok pas reunion yaahhhh?

Balik bukber, K.C mutusin buat ngga langsung balik. Tebak kita mau kemana? Haha ke markas Kaliwungu, di rumah Sher. Seperti biasa kita nyosis, ngobrol, seru-seruan, dan aku bantuin tugas ipan, LOL.

 

Foto-foto dulu pake analog, cekrekk!!













11 Juni 2021

Super bangga!! Pakwo alias Brian launching lagu pertamanya dengan judul Bimbang - Pradana Brian. Katanya sih dibikin berdasarkan kisah hidupnya. Sepasang kekasih yang dilanda konflik tapi mereka bimbang mau bertahan namun ngga siap sendiri, pengen bareng tapi hanya saling menyakiti, ups. Sepenggal liriknya gini, "Tutup telinga dan matamu, membisu ego dan lukamu, ..." Penasaran ngga lanjutannya? Ituu klik aja judul lagunya, udah aku arahin ke Spotify. Sirkel kita emang sekeren itu, kan? Huhah, panas-panas.


Ada kejadian lucu tapi menegangkan. Saat itu emang kondisi lagi covid-19, tapi launching lagunya tuh di salah satu coffee shop di Kendal, jelas rame. Tiba-tibaaaa, dwarrrrr, ada satpol-pp woyy panik bangetttt. Kita lari ketar-ketir terus nyari makan di alun-alun. Sampe masuk koran masaaaaaa??!!! Untung ngga ada muka kitaaa hehe sampe dipantau seminggu di beberapa kanal media, takut kefoto asli maluuu.

30 Juli 2021

Mendadak ke Jarak. Gatau tiba-tiba geng Kendal ngajakin ke tempat nongkrong deket rumah, ngga pake lama gas aja yakan, dah kangen berat hehe.




.....

Jenggot, r u okay? :)

.....

28 Agustus 2021

Kloter pertama, Kalamasa. Terus mereka balik duluan.


Kloter kedua, aku, Nanta, Eka otw Kalamasa. Yahh, ngga ketemu dong.


Ok makan bentar terus nyusul mereka ke Meitto, larisin dagangannya Pakwo di alun-alun Kendal, xixixi. Ceritanya mau ngga mau harus kumpul sebelum balik rantau. Naninuneno, seperti biasa sampe larut malem, ngga kenal waktu emang.







12 September 2021

Kalamasa. Cuma berempat.

.....

Raplek, r u okay?

.....

30 November 2021

Sher ke Malang, lagi UTS kan? Gila memang. Aku juga lagi nyiapin proker webinar, tapi gapapa aku sempetin sehari buat nemenin dia jalan-jalan. Kita ke JTP 3 sama alun-alun Batu. Ok, let's goooo!!

31 Desember 2021-2 Januari 2022

Tahun baruan bareng lagi, asik. Kali ini 3D2N, sebenernya masih kurang lama HAHA. Sorean geng Kendal dateng ke Batang, tumben banyak personil, kali ini nginep di markasnya Nanta. Ngga pake lama, kita nyiapin makan malam, kali ini menunya spesial, BBQ-an ala-ala. Setelah kenyang, ngobrol-ngobrol, main-main, kita mutusin buat nonton film The Medium yang katanya bisa bikin mual. Menurutku ngga serem-serem banget, jumpscare aja. Yang bikin serem tuh suasana rumah Nanta yang emang jarang ditempati, ditambah lampunya dimatiin. Ohiya satu lagi, teriakan-teriakan kalian yang bikin aku kaget :)))



Paginya, kita jalan-jalan ke sawah, becek-becekan, masih asri banget, segerrr. Setelah itu kita sarapan, mandi, dan rencananya mau ke Kembang Langit tapi cuaca berkata lain. Hujan deres bangetttt, ada acara ngambekk lagii, hadehh. Akhirnya kita mutusin buat nambah satu malam dengan harapan bisa spent time lebih lama walau di rumah aja HEHE. Malemnya kita nonton Piala AFF Indonesia vs Thailand ditemani martabak manis dengan skor imbang 2-2.






Pagi-pagi kita olahraga sehat, main badminton, ngambil alpukat langsung di pohonnya. Abis itu nonton kajian umat kristiani di tv WKWK random banget. Terus ada ayam kicikk masuk rumahh, untung ada pawang si Anang yang dengan santainya nangkep ayam itu. Lalu kita sarapan nasi megono. Yaaa pokonya seru bangettt. Siangnya ndegan di tempat biasa, abis itu pamit pulang. Yahhh, sepi lagi.




.....

Sopik, r u okay?

.....

Kita ngga pernah nyangka 2022 bisa jadi tahun terberat. Setahun cuma bisa ketemu satu dua kali, sisanya vc di tempat masing-masing. Ada yang sibuk skripsian termasuk aku, ada yang magang, ada juga yang KKN.

30 April 2022

Baru sempet ketemu dan emang nyempetin waktu pas ramadhan. Kita bukber di Semarang, di pecel Yu Sri Simpang Lima. Sebelum bukber muterin Mall Ciputra dulu buat bantu nyari parcel lebaran. Setelah ituuu, kita nonton KKN Desa Penari di Tentrem sampe jam 10p. Abis itu muterin Semarang duluu sampe dini hari, terus kita sahur sate sesuai requestku di Kaliwungu.










7 Mei 2022

Met lebaran guys!! Mendadak banget HBH di rumah Nanta. Hampir aja aku ngga ikut karena ada acara di Kendal. Tapi aku mutusin buat kaburrr dan ikut ke rumah Nanta nebeng geng Kendal hihiii. Setelah berbincang-bincang riaaa, vc-an sama Mita yang lebaran di Korea, main game dll, kita mau nongki duluuu di Wintoshh. Yaa, sampe sore. Seperti biasa main undercover. Terus pulang.











Sehat pak haji?




9 Mei 2022

HBH kedua di rumah sher. Mam sosis duluuu, terus syawalan di Kaliwungu, pasar malem. Kita naik wahana yang kata Nanta kurang aman wkwk. Naik ombak banyu jugaaaa, tapi nunggu eka nanta pakwo lamaa bangettt. Malem itu seruu banget deh pokonyaa!!








4 Agustus 2022

Nganter Nanta kontrol gigi di Semarang bareng Sher dan Mita. Terus kita nonton Pengabdi Setan 2 di Mall Ciputra. Abis itu kita makan ayam bakar madu bu Mami, enak bangettt.




16 Agustus 2022

Deeptalk di telepon sampe pagi, ceritanya ngobatin kangen udah pada ngerantau lagi.


18 September 2022

Kangen lagii, nugas sampe pagi sambil vc-an.

12 Desember 2022

Vc lagi, malming gabut anak kosan.

31 Desember 2022

Gagal tahun baruan karena di Kendal banjir, aku juga posisi lagi di Malang ngurus wisuda. Akhirnya kita vc-an aja buat nunjukkin kembang api di masing-masing kota, hehe.


6 Januari 2023

Nganter Eka ke Stasiun Semarang, dia mau balik Jember duluan. Terus kita makan lalapan tapii nasinya agak kurang enakk hffttt.







20 April 2023

Yeayyy, bukber di Semarang. Kali ini agak semi-formal gitu, hehe. Seneng deh liat temen-temen berpakaian rapi, cantik, ganteng, wkwkwk. Tau ngga trio Batang berangkat jam berapa? HAHA jam 9 pagi woyy. Aku sama Ekak nganter Nanta dulu buat kontrol gigi di Semarang. Daripada nunggu lama di Semarang, kita bertiga cuss ke Kendal buat tidur siang di rumah Raskia. Sekitar jam 4 sore kita bertiga ditambah Raskia dan Ipan cuss ke Semarang buat bukber di Kurogi. Kita masuk duluan karena kloter satunya belom nyampee. Happy banget pas udah kumpul semuaa, ini lengkap sihh cuma kurang Tata aja. Arrrggghhh Tajooooo -,- Setelah makan, lanjut ngobrol dan foto-foto.


 


















Ngide banget buat nonton Sewu Dino di DP Mall. Sebelum itu kita nongkrong dulu di Latar Kota. Seperti biasa main undercover. Bentar doang keburu filmnya mulaii. Sewu Dino menurutku agak ngeri dikit karena adegan mandiin Della yang ada di dalem keranda terjadi berulang kalii. Ditambah musik pengiring yang bikin merinding. Hadeehhhh. Setelah nontonn dan terbayang-bayang Della wkwk kita nongkrong lagi di Dikala Kopi, yap, main undercover lagi juga. Baru pulang jam 2 pagi, sampe Batang sekitar jam 3, terus sahur lalapan di deket rumah bareng Eka dan Nanta.




Agak lain memang brian :')


26 April 2023

Met lebaran again guys!! Agenda kali ini HBH di rumah Sher, Kaliwungu punya. Udah disiapin soto terenak buatan sher dan ibunya hehe. Setelah itu kita nongki di alun-alun Kendal, sambil main undercover, game kebanggaan kita semua.





1 Juli 2023

Girls Time!!!! Ciwi-ciwi effort banget dari Kendal ke Batang buat sarapan di pinggir sungai wkwk. Sampe agak siangan dikit pada beli oleh-oleh batagor SMP yang katanya terenakkk (emang seenak ituu udah langganan dari SMP). Terus kita mam lagii di degan rejosarii. Yahhh, hujann, pulang duluuuuu.






Sebenarnya masih banyak hal-hal kecil yang aku keep dan ngga bisa aku bagiin disini. Tapi semua momen terpilih di atas kayaknya udah bisa ngejelasin seperti apa pertemanan kita :). Bonus, ada history chat random dari kita!!












.

Saat masing-masing dari kita berkembang dalam perjalanan pribadi kita sendiri, kita akan selalu berpapasan with many different people. Beberapa hanya akan menjadi pertemuan singkat, some will stay for a while, lalu pergi ketika maksud dari sebuah pertemuan itu tersampaikan, dan beberapa akan tinggal for an extended period of time. Ingatlah bahwa sifat fisik dari persahabatan misalnya saling menyimpan nomor telepon mungkin sifatnya sementara, tapi hubungan kita satu sama lain sifatnya abadi. Jika ada saatnya dimana kita harus saling melepaskan koneksi, ketahuilah bahwa kita selalu terhubung, meski kita ngga lagi berhubungan. Mungkin suatu hari, kita akan berada di tempat yang berbeda dan lebih baik dalam hidup, mungkin kita juga akan ketemu lagi. This time, kita masih dapat terhubung satu sama lain pada level yang sama ataupun baru, leading to a different level of connection.

You May Also Like

17 komentar

  1. love u guys🫶🏻

    ReplyDelete
  2. hehe luv u sooww mucchiii guysss🫶🏻🌻✨❤️‍🩹

    ReplyDelete
  3. WAKAKAKKA LUCU.
    AKU RAK NANGESS OGG AMANN

    ReplyDelete
  4. Kenapa anonymous semuaaaa, apa aku harus menebak-nebak siapa pengirimnya? -,-

    ReplyDelete
  5. love u guys
    sayang kalian bgt pokoknya ❤️

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Kenalin, ini brian yang punya lagu bimbang guys

      Delete
  7. aaaa..happy berkali kali punya kalian.. luv u all ❤️

    ReplyDelete
  8. Baru banget baca. WE HAD SO MUCH FUNNN yaa ternyataaaa. Dulu sering main dan ketemu karena saking banyaknya waktu luang, sekarang mesti luangin waktu buat ketemuan, bahkan buat call juga susah :D. Ada yang ngurusin kerjaan, ada yang ngurusin kuliah, lagi pada sibuk ngerintis karir masing-masing. It's ok guys, justru circle yang bagus, ga cuma nongkrong nongkrong doang :D. Kalo kata Bill Watterson "Things are never quite as scary when you've got a best friend.", good luck to all of u guys! Btw, Keren banget sevi tulisannyaa. Oiyaa guys, tanpa tulisan ini, tanpa sevi, kita hanyalah sekumpulan mbak2 mas2 kabupaten biasa yang suka nongkrong :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya aku tau kamu siapa HAHA, u hv touched my heart with ur comment btw :))

      Delete