serba-serbi ekraf

by - February 01, 2022

halo! aku mau ceritain pengalamanku selama di kemenekraf bemfa 2021. yang ngikutin ceritaku dari beberapa tahun lalu pasti tau kalo 2021 merupakan tahun ke tigaku di ekraf (sebelumnya kwu). awalnya ga ada niatan buat lanjut bem lagi karena kegiatanku yang makin padet di semester tua, tapi karena beberapa hal akhirnya h-1 penutupan pendaftaran aku mutusin buat apply. yak, singkat cerita aku dinyatakan lolos(again). di periode awal, aku agak ngilang karena "kesehatan" dan agenda "keliling sumatera", jadi aku hanya bisa bantu proker secara virtual. (im sorry about this guys). sebenernya aku ga enak banget sama kalian, apalagi saat di periode kedua aku berusaha buat memperbaiki dan kalian masih menerima aku sebagai keluarga kalian. thats why aku jadi makin semangat dan selalu mencoba untuk tetap ada dimanapun kalian butuh. ya, aku berusaha keras buat nyuksesin proker kolaborasiku dan pram, namanya NBE (National Business Expo). amanah itu berat, tapi aku yakin aku bisa dan aku yakin aku kuat. meski ga mudah, banyak malam tanpa tidur, banyak lika-liku, dan orang yang aku percaya bakal nemenin masa-masa sulitku ternyata udah ga ada, tapi sebuah pencapaian yang luar biasa bisa aku buktiin di periode keduaku ini. prokerku bisa dibilang sukses karena mampu ngedatengin narasumber yang cukup ternama, beliau adalah bapak menteri ekonomi kreatif kita, bapak sandiaga uno. memang benar adanya bahwa sebuah pencapaian membutuhkan pengorbanan, itulah yang aku yakini dan itulah jalan hidup yang ku pilih saat itu. sebenarnya masih banyak hal yang gabisa aku ceritain disini, tapi aku harap kalian ngerti yaaa, hehe.

untuk rekan-rekan di BEM khususnya KemenEkraf, terima kasih banyak untuk perjalanan kemarin. terima kasih masih diberi kesempatan untuk belajar, perjalanan yang kadang terseok, penuh terjal, dan akhirnya mampu kita lalui bersama (jyahhhh xD). bangga dan bersyukur punya rekan tim yang selalu support gimanapun kondisiku, menemani setiap langkahku bahkan pada saat-saat yang paling berat sekalipun. untuk mba lintang, ibu menteriku yang sangat maniss dan yang sangat baik juga sabar. terima kasih selalu mengawal dan membersamai langkahku dengan penuh kehangatan. yang selalu ngingetin aku untuk jaga kesehatan dan selalu antar jemput saat rapat sampe tengah malem. makasi ya mba, berkat pengayoman dan supervisinya menjadikan kekeluargaan kita makin erat. untuk pram, sobi dari awal masuk BEM, dari yang eksmud hingga pengurus beneran (hehe). salah satu orang yang "maksa" aku buat lanjut dan akhirnya aku lanjut karena bocah ini zzzz. anak yang gabise diem, bucin, super bacot, tapi baikk bangettt. selalu ngecover kerjaanku kalo aku gabisa. makasii banyakkk. darinya pun aku belajar mendapatkan insight gimana ngebangun trust building dengan personal approuch yang baik kepada dekan dan jajarannya. untuk mas arifin, sosok bapak yang ga pernah cape ngingetin juga bantuin semua yang aku butuhin. khususnya tentang administrasi karena memang sangat kredibel soal surat menyurat. untuk hasna, sobi yang gg parah, mandiri, dan selalu ngelola keuangan ekraf jadi makin baik. dan terkadang berubah jadi galak dalam hitungan detik (hehe). buat yuli, sosok adik yang malah menjadi sosok kakak. wanita lembut dari lombok yang super receh. buat mas ersa, yang jarang muncul huhuu tapi sekali muncul gerakannya sat set sat set. selalu ngajakin holidee (maklum yang punya hore holiday tour bromo banyuwangi wkwk). beliau ini yang nyadarin aku tentang arti realita dan darinya aku belajar makna kerja keras tanpa harus selalu beretorika. untuk damar, sobi yang perhatian bangettt parahh, treat like a queen banget sama bocah satu ini. meski banyak duit, tapi ga pernah pelit dan selalu bantuin kita semua. meski sibuk ngurus bisnisnya, tapi tetep ngeluangin waktunya (pas di bali pun masih ngurusin kerjaan). semangat di kepengurusan berikutnya mar, harapan akan masa depan BEM terutama di ekraf ada di tanganmu. jadilah sosok bapak dan sosok ibu sekaligus untuk anak-anakmu. dan untuk malvin, pejuang tangguh dengan ide-ide briliannya. adek rasa kakak dengan cerita-cerita serunya. ya, intinya selamat untuk predikat kementerian ter-santuy tapi ter-cuan, jarang ada proker sekalinya ada eh gede banget, jarang keliatan eh sekalinya keliatan malah jalan-jalan kesana kesini.

aku merasa berdosa karena masih banyak yang belum disebutkan terutama pak pres dan bu wapres, bph, menteri, dan staff lainnya yang luar biasa. bagiku kalian adalah segenap pejuang peradaban. melihat kontribusi kalian, aku yakin 10, 15, atau 20 tahun lagi kita akan mengisi panggung kepemimpinan nasional dan bertemu di suksesnya masing-masing.

aku juga merasa bahagia pernah ada di lingkar keluarga bemfis um. banyak suka dukanya, tapi semua adalah kenangan indah, bumbu penyedap di kehidupan kampusku. dalam 3 kepengurusan ini, banyak banget perubahan dan perkembangan yang aku rasain dalam kepribadian maupun kehidupan sosialku. kepengurusan pertama aku lebih menjadi adik yang diajak, diayomi, dan diajarkan. keegoisanku masih cukup tinggi, emosi belum stabil apalagi saat bekerja dalam suatu kepanitiaan. masih 'hanya' menunggu dan mengikuti instruksi dibanding berinisiasi dan masih sering perang batin dalam memanajemen waktu. tapi di kepengurusan kedua bahkan ketiga say goodbye to the past life secara perlahan. aku udah jadi sosok yang bisa mengajak, mengayomi, mengajarkan. harus bisa lebih memanajemen emosi, waktu, bahkan mengambil keputusan yang baik juga membangun atmosfer yang nyaman untuk adik-adik. belajar dari pengalaman kepengurusan sebelumnya dan berusaha menjadi lebih baik. terlepas apakah orang lain menyadarinya, yang jelas aku sendiri ngerasain perubahan itu. walaupun 75% terjadi karena tuntutan profesi juga, wkwkwk. sedihnya saat kepengurusan ketiga akan segera berakhir, rasanya lebih singkat dari yang sebelumnya dan rasanya baru mengeratkan ikatan kekeluargaan di akhir kepengurusan. tapi untungnya sampai sekarang masih keep in touch meski tak sesering dulu.

salam cinta satu suara, hidup mahasiswa! bemfis sae!

ini potret dokumentasi 2019-2021 di bem. enjoy!

2021






































2020




































2019























You May Also Like

0 komentar