Ketika Realita Berasa Mimpi

by - December 05, 2019

Beberapa waktu lalu aku dikontak oleh pihak Universitas Terbuka (UT). Jadi begini, Alhamdulillah aku meraih juara 1 Lomba Inovasi Pembelajaran dan Kreativitas Mahasiswa tingkat Nasional (LIP-KMN) bidang aplikasi pembelajaran. Awalnya aku dapet informasi lomba ini sekitar bulan September dari kahim jurusanku yang koar-koar di grup. Biasa lah namanya juga mahasiswa baru, dapet info sana sini pasti dari kating atau kaka-kaka hmj. Kebetulan di jurusanku ada beberapa anak yang daftar lomba ini, termasuk temen sekelasku. Aku pikir ini bakal jadi start yang bagus buatku sebagai maba. Langsung tuh aku nyoba daftar lomba ini dan milih bidang aplikasi pembelajaran. Agak nekat sebenernya karena aplikasi pembelajaran tuh bukan bassic aku, aku nol pengetahuan tentang segala macem bentuk pembuatan aplikasi. Yang aku pikirin waktu itu, aplikasi pembelajaran tuh nggak beda jauh sama media pembelajaran yang biasa aku buat pake kertas. Dan ternyata setelah ada pengumuman lolos seleksi administrasi, aku baru tau kalo aplikasi pembelajaran disini maksudnya aplikasi beneran yang bisa diinstal atau semacamnya. Kacau banget nggak tuh, ini start yang kurang baik menurut aku. Aku ragu mau lanjut apa nggak, tapi setelah dipikir-pikir sayang banget kalo nggak manfaatin kesempatan ini. Jadi aku mutusin buat lanjut bikin proposal, belajar otodidak, dan bikin aplikasi sebisa dan semaksimal mungkin.

Berpedoman tutorial di YouTube dan beberapa website, aku mulai nyari ide dan eksekusi buat bikin aplikasi ini. Yup! Idenya bikin aplikasi pembelajaran PPKn. Kalian tau sendiri kan gimana rasanya jadi murid PPKn dari SD-SMA dengan guru yang kebanyakan udah lanjut usia, bosenin, isinya cuma baca baca dan baca, akhirnya kita jadi males belajar dan sedikit ngremehin mapel ini. Berdasarkan masalah itu, aku muter otak gimana caranya bikin aplikasi pembelajaran PPKn yang menarik. Singkat cerita, semuanya udah beres. Aku ngabisin beberapa minggu buat bikin proposal dan aplikasi ini, banyak begadang juga sih. Kendalanya banyak banget sebenernya, tapi aku cerita senengnya aja ya. Akhir Oktober udah ada pengumuman finalis nih, alhamdulillah aku masuk 5 besar itu. Nggak nyangka bisa jalan sejauh ini dan nggak berharap lebih buat bisa menangin lomba ini karena setelah aku lihat, sainganku rata-rata diatasku semua (semester, umur, dan pengalaman). Tahap akhir udah didepan mata, aku siap banget buat presentasiin karya. Ada sedikit kendala sebelum presentasi, tapi Alhamdulillah aku berhasil lewatin semua tahap dengan cukup baik dan tinggal nunggu pengumuman pemenang. Aku sengaja nggak buka website di hari-h pengumuman karena aku nggak berharap lebih dan merasa udah bangga dan bersyukur diberi kesempatan jadi finalis. Tapi malem harinya, aku dikasih tau temenku yang kebetulan finalis juga kalo aku pemenang lomba bidang aplikasi pembelajaran. Kaget banget woyy serius, aku nangis waktu itu juga dan ngabarin keluargaku. Yaa, aku di undang ke acara puncak penyerahan hadiah oleh pihak UT di UTCC Tangerang Selatan. Aku satu-satunya pemenang dengan umur dibawah 20 tahun, yaa waktu itu umurku 17 tahun. Alhamdulllah.

Di Tangerang, aku kenal banyak temen baru dari berbagai provinsi di Indonesia. Aku juga kenal pihak FKIP UT, dosen UT, Ibu Muktia Farid, Ibu Rohimah dan suami, dan yang lainnya yang nggak bisa aku sebutin satu-satu. Terimakasih untuk kebaikan kalian selama di Tangerang sana. Heheee. Aku dikasih banyak fasilitas selain uang penghargaan dan beasiswa pendidikan. Buat tiket pesawatnya, aku dikasih yang ekonomi maskapai Garuda Indonesia. Aku bersyukur banget bisa naik pesawat PP gratis untuk ketiga kalinya. Pokonya pulang pergi di cover lah, pas nyampe sana pun aku ditempatin di wisma UT perkamar sendiri, fasilitasnya hmm wokeyy banget guys. Intinya aku norak banget kali ini karena kalo di total emang ngabisin duit banyak banget. Wkwkwk, lanjuuut.

Ada banyak hal yang bisa aku ambil dari sini. Penting banget liat pedoman lomba secara detail dan teliti biar kita nggak salah langkah dan nyesel di kemudian hari, jangan ragu buat nanya dan konsultasi ke dosen pembimbing (penting banget dan aku nyesel nggak bimbingan), berani keluar dari zona nyaman dan nyobain hal-hal baru, umur nggak jamin kita bakal di atas atau dibawah, harus yakin dan percaya bahwa semua orang bisa mencapai goals jika kita mau berusaha dan berdoa. Support dari keluarga, temen deket, temen kelas, semuanya sangat berarti dan aku ngucapin makasih banyak untuk itu. Sebagai penutup tahun 2019 yang sangat berkesan dan nggak bakal aku lupain, ada hal lain yang pengen aku kasih tau ke kalian kalo nekat tuh terkadang perlu dan membawa kita pada pencapaian yang baik. Kita juga bisa mencoba hal baru dari kenekatan itu. Ada tantangan, ada pengalaman, ada banyak banget hal yang bisa kita ambil. Tapi perlu diingat juga bahwa persiapan yang jauh lebih matang, mengenal karakteristik sebelum memutuskan suatu hal, dan konsultasi adalah hal yang jauh lebih penting untuk membuat pencapaian kita menjadi jauh lebih baik.

Ini beberapa dokumentasi saat acara puncak di UTCC. Fyi, ini pencapaian terbesarku sejauh ini. Dan aku beryukur bisa bawa nama kampusku jadi nomor 1 pas aku maba :)




You May Also Like

0 komentar